Komunikasi dan Penyampaiannya

Komunikasi, setiap harinya pasti seseorang melakukan komunikasi. Karena manusia pada dasarnya adalah mahkluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, oleh sebab ini manusia melakukan komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi. Informasi ini memiliki banyak bentuk, ada yang lisan, tulisan, gerak tubuh dan lain-lain.  



Jadi, secara umum komunikasi dapat didefinisikan sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Istilah komunikasi dalam bahasa inggris disebut communication, yang berasal dari kata communication atau communis yang memiliki arti sama atau sama yang memiliki makna pengertian bersama. 
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipaham.

Seperti yang sudah dijabarkan diatas, komunikasi adalah pengiriman pesan atau informasi. Dalam penyampaiannya komunikasi di bagi menjadi 2 ,yaitu:
  1. Komunikasi verbal ( Lisan )
    Yang terjadi secara langsung serta tidak dibatasi oleh jarak , dimana kedua belah pihak dapat bertatap muka. Contohnya dialog dua orang.
    Yang terjadi secara tidak langsung akibat dibatasi oleh jarak. contohnya komunikasi lewat telepon.
  2. Komunikasi nonverbal ( Tertulis )
    Naskah , yang biasanya digunakan untuk menyampaikan kabar yang bersifat kompleks.
    Gambar dan foto akibat tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata atau kalimat.
Lalu bagaimanakah cara menampaikan ide/informasi melalui komunikasi ? 

Dalam menyalurkan solusi dan ide melalui komunikasi harus ada si pengirim berita (sender) maupun si penerima berita (receiver). Solusi-solusi yang diberikan pun tidak diambil seenaknya saja, tetapi ada penyaringan dan seleksi, manakah solusi yang terbaik yang akan diambil, dan yang akan dilaksanakan oleh organisasi tersebut agar mencapai tujuan, serta visi, misi suatu organisasi.
Akan tetapi dalam prakteknya proses komunikasi harus melalui tahapan-tahapan yang kadang-kadang tidak begitu mudah. Adapun tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Ide (gagasan) => Si Sender
  2. Perumusan
    Dalam perumusan, disini ide si sender disampaikan dalam kata-kata.
  3. Penyaluran (Transmitting)
    Penyaluran ini adalah bisa lisan, tertulis, mempergunakan symbol, atau isyarat dsb.
  4. Tindakan
    Dalam tindakan ini sebagai contoh misalnya perintah-perintah dalam organisasi dilaksanakan.
  5. Pengertian
    Dalam pengertian ini disini kata-kata si sender yang ada dalam perumusan tadi menjadi ide si receiver.
  6. Penerimaan
    Penerimaan ini diterima oleh si penerima berita (penangkap berita).
Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
http://dwinasl.blogspot.co.id/2012/03/komunikasi-menurut-cara-penyampaian.html


Related Posts:

1 Response to "Komunikasi dan Penyampaiannya"

  1. Titanium Mountain Bike Bike Kit
    Get Titanium Mountain Bike Kit titanium mens wedding bands with Free Shipping to Military, Nurses & fram titanium oil filter more. Shop our titanium razor great selection of bicycle 2016 ford fusion energi titanium items titanium pan at Titi's Shop today!

    BalasHapus